Minggu, 10 Juni 2012

Cara Menggunakan Pesawat wild T0



Pesawat Wild T0
a.         Langkah kerja
1.        Memperhatikan dan mengikuti petunjuk dari dosen pembimbing
2.        Menyiapkan peralatan yang akan digunakan
3.        Menentukan lokasi prakikum dan membawa peralatan ke lokasi praktik
4.        Membuat sketsa dari lokasi praktik dan table pengukuran
5.        Memasang statif dengan posisi datar di lokasi dengan cara :
a.         Tempatkan statif dengan ketiga kakinya membentuk sudut 600 di atas tanah
b.         Tinggi statif disesuaikan dengan pembidik
c.         Tentukan agar posisi kepala statief datar. Pengontrolan dapat menggunakan kapur diletakkan di atas kepala statif. Bila kedudukan kapur tetap berarti posisi kepala statief  benar-benar datar
d.        Pasanglah pesawat di tengah-tengah dengan skrup-skrup pengatur tepat di atas kaki-kaki statief. Kemudian hubungkan pasawat dengan kepala statif dengan skrup penghubung untuk memperoleh kedudukan pesawat yang kokoh
e.         Pasanglah unting-unting pada skrup penghubung
6.        Menyetel kedataran pesawat dengan cara :
a.         Menempatkan lensa obyektif yang AS-nya searah dengan salah satu sekrup pengatur kedudukan nivo.
b.         Dengan kedua sekrup penyetel kedudukan nivo, gelembung ditempatkan tepat ditengah-tengan antara kedua sekrup penyetel kedudukan nivo.
c.         Dengan sekrup penyetel yang satunya lagi, gelembung nivo ditempatlan tepat ditengah-tengah nivo kotak.
d.        Kemudian pesawat diputar ke segala arah, jika terjadi pergeseran posisi gelembung nivo maka penyetelan diulang lagi sama seperti di atas sampai gelembung  nivo berada ditengah nivo kotak.
7.        Micrometer di nol (0) kan dengan cara memutar sekrup micrometer sehingga titik indeks menunjukkan menit dan detiknya (‘ ‘’).
8.        Menempatkan pesawat tegak lurus terhadap sumbu pesawat arah vertikal/ sudut 90º dengan cara:
a.         Keraskan skrup pengunci arah horzontal  dan kendorkan sekrup pengunci arah vertikal
b.         Putar teropong sehingga teropong mendekati sudut 90º yang tertera pada lup pembaca skala nonius dan sekrup pengunci vertikal dikencangkan
c.         Putar sekrup penggerak halus vertikal agar sudut vertikal tepat pada sudut 90º
9.        Menekan klem kompas dan melihat lup skala pembaca skala nonius hingga skala horizontal berhenti berputar kemudian dilepaskan.
10.    Pasanglah rambu ukur / baak tegak  terhadap tanah
Pembidikan rambu ukur dengan pesawat :
a.         Kendorkan skrup pengunci horizontal, kemudian arahkan pesawat tepat pada rambu ukur dengan bantuan visir
b.         Skrup pengunci arah horizontal dikencangkan dan gunakan skrup penggerak halus arah horizontal untuk menempatkan bayangan rambu ukur tepat pada garis indeks
c.         Bila bayangan rambu ukur kurang jelas gunakan skrup pengatur lensa diafragma
d.        Gunakan pengatur lensa okuler untuk memperjelas benang silang.
11.    Pembacaan rambu ukur ( bayangan rambu ukur ) yang terdiri atas : benang atas, tengah dan bawah
12.    Membaca skala nonius melalui lup pada pesawat WILD T0, dengan cara memutar smikrometer sehingga  garis indeks lurus
13.    Mengukur ketinggian pesawat dari titik patokan ( permukaan tanah ) ke AS lensa obyektif
14.    Mencatat semua data yang diperoleh dan lakukan perhitungan atas data yang tersedia
15.    Mengolah data yang diperoleh
16.    Menggambar  hasil perhitungan data yang diperoleh

2 komentar:

iktiyar bagus yanto mengatakan...

itu gambar alatnya "Wild T0" apa "Sokhisha T60D" ya pak ?

Unknown mengatakan...

Yg jelas t0 itu wujudnya gak laya gitu, itu sokisha T600 betul

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls