Pesawat Wild T0
a.
Langkah
kerja
1.
Memperhatikan dan mengikuti petunjuk dari dosen
pembimbing
2.
Menyiapkan peralatan yang akan digunakan
3.
Menentukan lokasi prakikum dan membawa peralatan ke
lokasi praktik
4.
Membuat sketsa dari lokasi praktik dan table pengukuran
5.
Memasang
statif dengan posisi datar di lokasi dengan cara :
a.
Tempatkan
statif dengan ketiga kakinya membentuk sudut 600 di atas tanah
b.
Tinggi statif disesuaikan dengan pembidik
c.
Tentukan
agar posisi kepala statief datar. Pengontrolan dapat menggunakan kapur
diletakkan di atas kepala statif. Bila kedudukan kapur tetap berarti posisi
kepala statief benar-benar datar
d.
Pasanglah
pesawat di tengah-tengah dengan skrup-skrup pengatur tepat di atas kaki-kaki
statief. Kemudian hubungkan pasawat dengan kepala statif dengan skrup
penghubung untuk memperoleh kedudukan pesawat yang kokoh
e.
Pasanglah unting-unting pada skrup penghubung
6.
Menyetel
kedataran pesawat dengan cara :
a.
Menempatkan
lensa obyektif yang AS-nya searah dengan salah satu sekrup pengatur kedudukan
nivo.
b.
Dengan
kedua sekrup penyetel kedudukan nivo, gelembung ditempatkan tepat
ditengah-tengan antara kedua sekrup penyetel kedudukan nivo.
c.
Dengan
sekrup penyetel yang satunya lagi, gelembung nivo ditempatlan tepat ditengah-tengah
nivo kotak.
d.
Kemudian
pesawat diputar ke segala arah, jika terjadi pergeseran posisi gelembung nivo
maka penyetelan diulang lagi sama seperti di atas sampai gelembung nivo berada ditengah nivo kotak.
7.
Micrometer di nol (0) kan dengan cara memutar
sekrup micrometer sehingga titik indeks menunjukkan menit dan detiknya (‘ ‘’).
8.
Menempatkan
pesawat tegak lurus terhadap sumbu pesawat arah vertikal/ sudut 90º dengan
cara:
a.
Keraskan
skrup pengunci arah horzontal dan
kendorkan sekrup pengunci arah vertikal
b.
Putar
teropong sehingga teropong mendekati sudut 90º yang tertera pada lup pembaca
skala nonius dan sekrup pengunci vertikal dikencangkan
c.
Putar
sekrup penggerak halus vertikal agar sudut vertikal tepat pada sudut 90º
9.
Menekan
klem kompas dan melihat lup skala pembaca skala nonius hingga skala horizontal
berhenti berputar kemudian dilepaskan.
10. Pasanglah
rambu ukur / baak tegak terhadap tanah
Pembidikan rambu ukur dengan
pesawat :
a.
Kendorkan
skrup pengunci horizontal, kemudian arahkan pesawat tepat pada rambu ukur
dengan bantuan visir
b.
Skrup
pengunci arah horizontal dikencangkan dan gunakan skrup penggerak halus arah
horizontal untuk menempatkan bayangan rambu ukur tepat pada garis indeks
c.
Bila
bayangan rambu ukur kurang jelas gunakan skrup pengatur lensa diafragma
d.
Gunakan
pengatur lensa okuler untuk memperjelas benang silang.
11. Pembacaan rambu ukur ( bayangan rambu ukur
) yang terdiri atas : benang atas, tengah dan bawah
12. Membaca skala nonius melalui lup pada
pesawat WILD T0, dengan cara memutar smikrometer sehingga garis indeks lurus
13. Mengukur ketinggian pesawat dari titik
patokan ( permukaan tanah ) ke AS lensa obyektif
14. Mencatat semua data yang diperoleh dan
lakukan perhitungan atas data yang tersedia
15. Mengolah data yang diperoleh
16. Menggambar
hasil perhitungan data yang diperoleh
2 komentar:
itu gambar alatnya "Wild T0" apa "Sokhisha T60D" ya pak ?
Yg jelas t0 itu wujudnya gak laya gitu, itu sokisha T600 betul
Posting Komentar